10 Dunia Fiksi Terbaik Dalam Video Game


Latar dunia sebagai setting  dalam video game memang beragam, mulai dari dunia fantasi yang indah, dunia yang penuh kehancuran, dunia yang tidak layak dihuni, hingga dunia dengan beragam keanehan penduduknya yang menciptakan atmosfer secara keseluruhan dalam suatu video game. Sudahlah menjadi misi seorang developer untuk menciptakan suatu dunia yang menggambarkan tema dalam suatu video game secara keseluruhan, apakah diakhir berakhir menjadi suatu dunia yang luar biasa atau tidak hanya gamer yang bisa menilainya.

Namun tentunya sebagai gamer pastinya kalian pernah memainkan suatu game dengan kehebatan dunia yang disematkan pada salah satu judul game favorit. Berikut ini Zeralist merangkum 10 dunia fiksi dalam video game yang dimata kami berakhir menjadi yang terbaik.

10. Tamriel - Elder Scrools Series 



Tamriel yang merupakan latar tema dari Elder Scrolls series ini terdiri dari 9 provinsi / wilayah dengan ras-ras yang berbeda pula, tidak hanya 9 provinsi saja tapi eksistensi area lain selain Tamriel juga disinggung di sepanjang seri game ini. Setiap game dari Elder Scrolls series sendiri mengambil wilayah dari salah satu provinsi hingga seri kelima yang mengambil setting di wilayah yang bernama Skyrim.

Mungkin bagi sebagian gamer yang baru menikmati seri Elder Scrolls lewat The Elder Scrolls V Skyrim sudah mendapatkan gambaran dari dunia fantasi yang dircik dengan luar biasa, mulai dari kota-kota besar hingga desa dan alam liar yang menyimpan banyak misteri didalamnya sudah membuat Skyrim menjadi latar dunia fantasi yang luar biasa, walaupun padahal Skyrim hanya merupakan salah satu provinsi dari 9 provinsi di dalam dunia Tamriel itu sendiri.

9. Hyrule - Legend of Zelda Series 



Jika kalian termasuk salah satu gamer old school atau gamer yang baru memulai petualangan di Legend of Zelda series lewat Breath of The Wild pastinya kalian sudah mendapatkan gambaran sebuah dunia fantasi yang luar biasa. Setiap seri dari Legend of Zelda sendiri dibangun diatas dunia yang bernama Hyrule, fakta dimana kita selalu mendapatkan perspektif baru dari Hyrule itu snediri di setiap serinya menjadikan dunia fantasi Hyrule merupakan suatu dunia yang sangat beranekaragam.

Melewati petualangan bersama Link diatas dunia yang dibangun dengan pemandangan alam yang indah dengan penduduknya yang hdup dalam kebahagian sudah menjadikan suatu pengalaman dari petualangan yang luar biasa.

8. Gaia - Final Fantasy VII 



Bagi kalian para fans atau gamer yang melanjutkan petualangan dari seri Final Fantasy VI ke VII pasti akan mendapati dunia yang dibangun dengan teknologi mesinnya, namun di Final Fantasy VII dunia yang dinamai Gaia menawarkan atmosfer dunia yang jelas berbeda, dunia industri yang dibangun lewat corporation yang terus berkembang yang menyebabkan polusi hingga menjadikan Midgar menjadi kota yang sangat tidak sehat dengan adanya pemukiman kumuh di area bawah dan kota industri padat di kota bagian atasnya.

Namun di sudut lain dari Gaia juga ada daerah yang masih hijau dan tidak adanya teknologi maju seperti Midgar, atmosfer yang diperlihatkan Gaia sebagai suau dunia fantasi memang dipresentasikan dengan sangat baik di seri ini.

7. Lordran - Dark Souls 1 & 3 



Harus ada di list ini pastinya Lordran, bagi kalian para penggemar souls series tentu sudah sangat familiar dengan dunia yang menjadi latar dari Dark Souls 1 dan 3 ini. Lordran sendiri merupakan dunia fiksi yang dilanda oleh kehancuran dari perang di masa lampaunya, dunia yang dipenuhi oleh monster, hantu dan iblis yang merupakan wujud dari orang-orang yang sudah meninggal di masa lampau.

Atmosfer dan latar belakang sejarahnya yang gelap menjadikan Lordran sebagai dunia fantasi yang mencekam dan menyimpan sejarah kelam dibaliknya yang menarik untuk diikuti dimana kita sebagai player dituntut merangkai benang merah dari cerita dibalik Lordran itu sendiri.

6. Weyard - Golden Sun Series 



Pernah mendengar teori bahwa bumi itu datar ? maka Weyard merupakan penggambaran dari teori itu. Weyard sendiri merupakan suatu dunia datar dimana airnya akan terjun di bagian ujung dan jatuh kedasar yang tak berdalam yang dimana air yang terjun ke kedalaman yang tidak ada dasarnya dinamai Gaia Falls. 

Weyard sendriri merupakan dunia fantasi yang indah yang tentunya dipenuhi dengan ancaman juga. Sepanjang petualangan kalian di Golden Sun Series kalian akan mulai melihat Weyard dari berbagai sisi dan sejarah dari dunia ini sendiri yang tentunya sangat menarik untuk diikuti.

5. Wonderland - American McGee’s Alice 



Jangan tertipu dari titlenya sebagai dunia Wonderland, mungkin dibenak kalian Wonderland disini adalah dunia fantasi yang indah dan dipenuhi dengan keceriaan namun sebenarnya justru kebalikannya. Wonderland dari American McGee’s sendiri merupakan suatu dunia yang dipenuhi dengan keanehan dan kekerasan yang mendominasi atmosfrenya.

Saat kita mulai memasukinya kesan yang didapat sendiri adalah dunia yang penuh dengan kegilaan dan atmosfer horror yang mencekam. Sudut pandang yang jelas berbeda dari suatu Wonderland yang kita bayangkan justru berakhir menjadi suatu dunia fantasi yang menarik untuk diselami.

4. Toussaint - The Witcher 3 : Blood & Wine 



Eksistensi The Witcher 3 sebagai salah satu game Action RPG terbaik tidak lepas dari pesona dunia yang ditawarkan didalamnya, Toussaint merupakan latar dari dunia fantasi terbaik yang ditawarkan di seri ini lewat expansion pack keduanya Blood & Wine. Toussaint sendiri digambarkan sebagai negeri yang tidak tersentuh oleh peperangan suatu negeri yang damai dimana rakyatna hidup dalam kebahagiaan, sebuah negeri yang terkenal atas usaha winery yang dijalani oleh rakyatnya dan kota bagi para bangsawan dengan pemandangan alam yang indah dan damai.

Hingga pada suatu hari negeri ini dilanda ancaman oleh sosok misterius yang disebut beast of the yang sudah memakan beberapa korban tanpa meninggalkan jejak apapun. Disinilah petualangan Geralt of Rivia dimulai untuk memburu beast of the, Toussaint sendiri berakhir menjadi suatu dunia fantasi yang digambarkan dengan sangat sempurna di seri ini.

 3. Oddworld - Oddworld Series 



Dari namanya saja kalian pasti sudah bisa menebak bagaimana wujud dari Oddworld itu sendiri, yup benar Oddworld sendiri merupakan sebuah planet yang digambarkan memiliki ukuran 10x lebih besar daripada Bumi, Oddworld sendiri juga memiliki matahari dan jalur orbitnya sendiri yang menyebabkan perbedaan dari sisi waktu dan hari yang berlangsung.

Namun Oddworld juga merupakan sebuah planet yang dihuni oleh spesies teknologi dan kondisi alam yang tentunya berbeda. Penggambaran dunia seperti ini menjadikan Oddworld sebagai dunia fiksi yang terhitung sangat berbeda dan tentunya “Odd” namun diakhir penggambaran dunianya sendiri dieksekusi dengan sangat baik oleh developer Oddworld Inhabitants.

2. Rapture - Bioshock Series 



Penggambaran yang sempurna pastinya merupakan sesuatu yang pantas untuk disandang oleh Rapture, jika kalian merupakan gamer yang sudah memainkan seri Bioshock pasti sudah sangat familiar tentang betapa luar biasanya penggambaran dari Rapture itu sendiri. Rapture sendiri merupakan latar dunia dari Bioshock series, mulai dari kota yang berada di dalam laut hingga negeri yang berada di atas awan yang bernama Columbia.

Setiap latar digambarkan dengan sangat baik, mulai dari kota bawah laut Rapture yang dihuni oleh makhluk-makhluk dan orang- orang gila berbahaya hingga sosok yang terkenal seperti Big Daddy dan Little Sister, dan tentunya negeri indah yang bernama Columbia yang dibangun diatas awan yang menyimpan rahasia kelam dibalik kepemimpinan pendeta. Rapture dan Columbia merupakan dunia yang menjadikan seri Bioshock sendiri terlihat mengagumkan dan fenomenal di masanya hingga saat ini.

1. Middle Earth - The Lord of The Rings, The Hobbit and Shadow of Mordor Series 



Dan tentunya yang berhak mendapat tempat tertinggi untuk dunia fiksi terbaik dalam video game tidak lain dan tidak bukan adalah Middle Earth. Fakta bahwa kalian bukan seorang gamer, atau bahkan tidak pernah menonton seri The Lord of The Ring sebelumnya dan hanya mengetahui dunia Middle Earth dari novel luar biasa karya J.R.R Tolkien saja sudah menjadi modal yang cukup untuk menggambarkan betapa luar biasa dan fenomenalnya dunia fantasi ini digambarkan.

Walau hanya dengan untaian kata-kata dari novel yang hanya bisa kita bayangkan saja sudah bisa kita pikirkan tentang suatu dunia fantasi kelam yang dihuni oleh pasukan sauron dengan armada orc dan uruknya. Apalagi jika kalian berkesempatan untuk melihatnya di layar kaca lewat film The Lord of The Ring atau bahkan memainkan game Shadow of Mordor yang dimana Middle Earth digambarkan sebagai suatu bentuk dunia fantasi yang fenomenal.


Kekuatan imajinasi memang luar biasa, pastinya dibenak kita pernah membayangkan suatu dunia fantasi yang kita ciptakan sendiri lewat imajinasi kita. Video Game merupakan salah satu sarana untuk menyalurkan imajinasi gila yang ada didalam pikiran kita, dan 10 dunia fiksi yang ada di dalam list ini merupakan hasil karya luar biasa dari imajinasi yang berakhir luar biasa. Sekian top list dari 10 dunia fiksi terbaik dalam video game versi  Zeralist, utarakan pendapat kalian di comment mengenai dunia fiksi apa yang paling membuat kalian terpesona dan takjub.  

No comments:

Powered by Blogger.